-->

Type something and hit enter

Posted by On
12+ Perlengkapan & Peralatan Golf untuk Pemula Wajib Disiapkan

Peralatan golf terus berkembang sesuai kemajuan teknologi. Olahraga golf adalah permainan bola kecil yang bertujuan untuk memasukkan bola ke dalam lubang dari daerah yang telah ditentukan menggunakan stik golf sebagai pemukulnya.

Artikel ini sangat cocok bagi pemula seperti Anda yang baru mengenal olahraga golf. Karena Anda harus mengetahui peraturan dan perlengkapan golf apa yang harus disediakan.

Berikut ini adalah beberapa macam perlengkapan dan peralatan golf yang biasanya digunakan dalam permainan golf:

1. Golf bag


Tas golf ini berfungsi untuk menyimpan semua kebutuhan dari pemain golf, seperti tempat menyimpan stik golf, bola golf dan lainnya.

2. Stick Golf


Stik golf merupakan bagian yang terpenting. Ada beberapa jenis stick golf, tetapi jika untuk belajar sebaiknya memiliki empat jenis stick golf. Jenis ini adalah wood, putter, iron, dan wedge.

Untuk stick golf yang digunakan pada umumnya para pemain hanya boleh membawa 14 buah stik dalam tas setiap pemain, berikut ini adalah jenis-jenis stik golf beserta fungsinya.
  1. Wood: biasanya digunakan pada bagian untuk pukulan lurus dan panjang ke lapangan golf, karena karakternya memungkinkan untuk jarak jauh namun dengan akurasi yang tidak seakurat jenis stick yang lain.
  2. Iron: ini merupakan yang paling sering digunakan dalam permainan golf. Irons jauh lebih fleksibel jika dibandingkan dengan 2 jenis klub yang lain sehingga biasanya selalu dalam jumlah yang terbanyak dari klub yang ada di tas pegolf. Irons masih bisa mencapai jarak yang cukup besar namun tidak bisa sejauh woods. Iron digunakan untuk jarak menengah.
  3. Putter: jenis klub ini biasanya digunakan pada putting green pada akhir kursus, ataupun pada bagian lain dari program yang memerlukan akurasi halus. Putter dirancang khusus untuk menjadi klub dengan akurasi yang sangat tinggi dan jarak yang paling pendek yang biasanya hanya mempunyai jarak beberapa meter dari target.
  4. Wedge: iron yang digunakan untuk memukul pada jarak yang pendek.
  5. Hybirds: kombinasi antara woods dan irons. Seperti woods, hybrids digunakan untuk pukulan jarak jauh. Bedanya, hybirds dapat digunakan di luar tee-box, sementara woods digunakan di dalam.

3. Bola Golf


Bola golf juga penting, jika tidak ada bola bagaimana mau main. Ukuran bola golf ini berdiameter 42,67 mm dengan berat lebih dari 45,93 gram.

4. Tee atau Pasak


Tee ini digunakan untuk meletakkan bola pada saat pertama kali akan dipukul.

5. Sarung Tangan


Sarung tangan berguna untuk melindungi tangan dari keringat, sehingga tangan tidak mudah licin pada saat memukul bola. Biasanya dipakai pada saat cuaca terik.

6. Shaft


Shaft ini bentuknya seperti tangkai yang digunakan di antara pegangan dan pemukul.

7. Sepatu Golf


Sepatu golf ini khusus, untuk menghindari pemain agar tidak cepat lelah. Karena bermain golf biasanya menggunakan medan yang naik turun.

8. Topi Golf


Menggunakan topi dalam bermain golf sangat membantu Anda untuk terhindar dari silau cahaya matahari, selain itu topi juga berfungsi untuk menyimpan marker dan tee.

9. Pakaian Golf


Tidak ada perbedaan spesifik antara bahan dasar pakaian golf dan pakaian olahraga lainnya. Jadi sebenarnya cukup menggunakan jersey sepakbola favorit Anda asalkan nyaman untuk beraksi di lapangan golf. Jika menggunakan baju lengan pendek, Anda bisa menambahkan hand sleve agar terhindar gosong karena panas matahari.

10. Kaus Kaki Golf


Kaus kaki juga berguna dalam bermain golf. Tidak ada peraturan khusus untuk kaus kaki, jadi selama kaus kaki berbahan katun cukup tebal dan tingginya pas, itu udah cukup. Atau Anda bisa juga membeli kaus kaki khusus golf, walaupun harganya tergolong mahal, tetapi Anda tidak akan menyesal membelinya karena akan awet.

11. Sunblock


Perlengkapan golf yang satu ini tak kalah pentingnya dengan perlengkapan yang lain, karena fungsinya sebagai pelindung kulit agar tidak terbakar sinar matahari.

12. Celana Golf


Yang menjadi perbedaan antara celana golf dengan celana biasa adalah bahannya, dimana mayoritas berbahan sintetis dingin dan kadang tersedia fitur penyimpan tee.

Itulah tadi beberapa peralatan golf untuk pemula seperti Anda yang mulai tertarik dengan olahraga golf ini.

Demikianlah artikel tentang peraturan dan perlengkapan golf untuk pemula. Semoga apa yang kami bagikan dapat bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

0 komentar

 
close