Type something and hit enter

By On
Materi Penjasorkers Bagian Atletik - Artikel kali ini membahas tentang Lari Jarak Pendek. Meliputi: pengertian, sejarah, teknik, peraturan, dan manfaat.

Lari adalah olahraga yang bisa dibilang paling mudah diantara olahraga lainnya, apalagi lari jarak pendek atau sprint. Urutan aba- aba yang digunakan dalam lari jarak pendek adalah “bersedia, siap, ya (atau tembakan pistol)”. Dalam perlombaan lari jarak pendek, peserta diawasi oleh petugas atau juri, yaitu: Starter, Recall Starter, Timer, Pengawas Lintasan serta juri Pencatat Hasil. Untuk info yang lebih detail, bisa anda baca artikel di bawah ini.

Lari Jarak Pendek



Pengertian lari jarak pendek

Menurut beberapa para ahli:

Muhajir

Sprint adalah sebuah kompetisi  lari yang mewajibkan para pelari berlari dengan kecepatan yang sangat penuh dengan menempuh jarak 100 m, 200 m, dan 400 m.

Syarifudin dan Muhadi

Lari jarak pendek adalah cara lari dimana atlet harus menempuh seluruh jarak dengan kecepatan semaksimal mungkin.

Yusuf adisasmita

Lari jarak pendek adalah seluruh nomor lari yang dilakukan dengan sprint sepanjang jarak yang ditempuh.

Wikipedia

Lari jarak pendek adalah lari yang menempuk jarak antara 50 m sampai dengan jarak 400 m.

Jadi, dari beberapa pengertian lari jarak pendek menurut para ahli, dapat kami simpulkan bahwa

Lari Jarak Pendek atau Sprint adalah salah satu dari cabang olahraga atletik yang menuntut peserta untuk berlari dengan secepat dan sekuat mungkin, yang bertujuan untuk memenangkan suatu pertandingan dengan berbagai macam jarak tempuh, yaitu 100 m, 200 m, dan 400 m.

Sejarah lari jarak pendek


Sekitar abad ke-7 SM, lari jarak pendek telah dipertandingkan pada zaman Yunani kuno. Kemunculan pertandingan lari jarak pendek berawal dari seorang prajurit asal Yunani yang berlari dari Persia untuk membawa pesan atas kemenangan Yunani perang melawan Persia, tetapi prajurit itu meninggal tak lama setelah memberikan pesan pada raja. Kemudian raja Yunani mengadakan perlombaan lari jarak pendek untuk memperingati kematian prajurit itu.

Seiring berjalannya waktu, perlombaan lari sudah banyak ditemukan di berbagai negara dan akhirnya, pada tahun 1912, dibentuknya IAAF atau International Association of Athletics Federation yang berpusat di Monako. Hingga saat ini, 212 negara telah menjadi anggota IAAF.

Teknik lari jarak pendek


1. Gerakan saat start

Start adalah gerakan pertama yang wajib dilakukan oleh para pelari sebelum berlari. Ada 3 jenis start dalam olahraga lari, yaitu start berdiri, start melayang dan start jongkok. Start yang dipakai saat lari jarak pendek adalah start jongkok. Mengapa harus start jongkok? Kenapa tidak menggunakan start berdiri atau start melayang? Karena  dengan menggunakan start jongkok, akan membuat anda lebih nyaman dan memaksimalkan kecepatan lari saat pistol dibunyikan. Ada 3 macam start jongkok, yaitu.
  • Start  pendek (Bunch Start),  lutut kaki kanan ditaruh sejajar di samping jari kaki kiri dengan jarak satu kepal.
  • Start Menengah (Medium Start), lutut kaki kiri ditaruh sejajar di samping tengah telapak kaki kiri dengan jarak satu kepal.
  • Start panjang (Long Start), lutut kaki kiri ditaruh di belakang kaki kanan dengan jarak satu kepal.

2. Teknik saat berlari

Gerakan saat berlari memiliki pengaruh besar terhadap kecepatan lari. Berlari dengan baik dan benar, akan memaksimalkan kecepatan anda. Berikut adalah cara yang dilakukan agar mengoptimalkan kecepatan lari.
  • Menggunakan langkah kaki yang panjang
  • Setiap kali kaki mendarat ke tanah, gunakanlah ujung telapak kaki.
  • Mengayunkan tangan saat berlari
  • Pandangan mata lurus kedepan

3. Teknik saat hampir mencapai garis finish

Ini adalah teknik yang tidak boleh anda remehkan sama sekali, karena jika tidak melakukan teknik yang benar saat hendak mencapai garis finish, ada kemungkinan anda akan di pacu oleh lawan. Berikut adalah tekniknya.
  • Condongkan dada kedepan
  • Percepat gerakan kaki maupun tangan
  • Jangan sekali – kali melihat kebelakang atau kesamping karena itu bisa memperlambat anda
  • Tetap fokus kedepan dan jangan memikirkan lawan

Peraturan lari jarak pendek


  •  Peserta boleh berlari ketika aba – aba “ya” atau saat suara pistol berbunyi
  • Jika peserta lebih dari 3 kali melakukan kesalahan saat start, akan didiskualifikasi
  • Tidak boleh memasuki area lintasan peserta lain saat pertandingan dimulai
  • Tidak boleh mengganggu pemain lain
  • Dilarang memakai obat – obat yang dapat merugikan peserta lain

Manfaat lari jarak pendek


Lari jarak pendek atau sprint memang olahraga yang sangat mudah, tapi perlu anda tahu, melakukan sprint secara teratur akan berdampak baik untuk anda. Berikut beberapa manfaat melakukan lari jarak pendek.

1. Membakar lemak

Percaya tidak percaya, faktanya adalah melakukan sprint selama 1 jam setiap minggu lebih baik dalam membakar lemak dari pada jogging selama 1 jam setiap hari.

2. Menguatkan tulang

Lari jarak pendek atau sprint dapat menguatkan tulang pada tubuh terutama pada kaki. Ini sangat bagus agar tulang tidak mudah patah saat terjadi benturan keras.

3. Membentuk otot

Bisa anda lihat sendiri para atlet lari profesional, mereka memiliki badan atletis dengan otot – otot yang berbentuk dikarenakan sering melakukan sprint.

4. Meningkatkan kecepatan dalam berlari

Sudah jelas, bahwa sprint bisa meningkatkan kecepatan berlari anda. Mengapa kami bilang begitu? Anda bisa lihat salah satu latihan para pesepak bola profesional adalah sprint. Mereka melakukan latihan sprint agar kecepatan lari mereka bertambah.

5. Memperlancar pernafasan

Ini adalah manfaat terakhir dalam melakukan lari jarak pendek atau sprint. Telah diteliti bahwa sprint yang dilakukan secara rutin akan dapat memperlancar pernafasan dan membuat nafas lebih panjang.

Baca juga: Lari Jarak Menengah: Pengertian, Sejarah, Teknik, Peraturan, Manfaat


Demikianlah artikel hari ini tentang Lari Jarak Pendek: Pengertian, Sejarah, Teknik, Peraturan, Manfaat. Semoga bermanfaat bagi anda. Untuk membantu blog ini agar berkembang, kami mohon untuk share dan komentar ya.

Referensi: https://manfaat.co.id/manfaat-lari-sprint
https://www.kajianpustaka.com/2018/01/pengertian-teknik-dan-peraturan-lari-jarak-pendek.html
http://bayusegra4.blogspot.co.id/2017/09/normal-0-false-false-false-in-x-none-x.html
https://virtualrun.id/teknik-dasar-lari-jarak-pendek/

KLIK UNTUK BERKOMENTAR