-->

Type something and hit enter

Posted by On
Materi Permainan Sepak Bola kelas 10 / SMP - Artikel kali ini membahas tentang pengertian sepak bola, sejarahnya, peraturan, teknik dasar, ukuran lapangan sepakbola dan tujuan beserta manfaatnya.

Ada yang tidak tahu dengan permainan sepak bola? Pasti anda semua sudah tahu bukan dengan olahraga yang satu ini. Sepak Bola adalah cabang olahraga yang paling populer dan sangat digemari dibandingkan olahraga – olahraga lain di dunia, khususnya kaum pria.

Kenapa kami bilang sepak bola lebih populer dari olahraga lain? Karena permainan sepak bola dikenal dan dimainkan oleh hampir diseluruh lapisan masyarakat mulai dari anak – anak, remaja, bahkan orang tua. Tidak hanya kaum pria, permainan sepak bola juga banyak digemari dan dimainkan oleh kaum wanita.

Masyarakat di dunia banyak yang bisa memainkan permainan sepak bola dan tahu apa saja peraturannya. Tapi, apa mereka tahu jika ditanya apa pengertian sepak bola? Bagaimana sejarah sepak bola? Bagaimana teknik dasar permainan sepak bola? Kami yakin pasti banyak yang tidak bisa menjawab pertanyaan itu. Oleh karena itu, kami ingin memberikan informasi mengenai permainan sepak bola.

Baca juga: Materi Bola Voli

Permainan Sepak Bola (Pengertian, Peraturan, Teknik, Manfaat, Sejarah)

Pengertian Sepak Bola Menurut Para Ahli



Supaya lebih mendalami tentang apa itu sepakbola, kita harus mengetahui beberapa pendapat ahli di bawah ini mengenai pengertian sepak bola dan tujuannya.

1. Muhyi faruq


Pengertian sepak bola adalah bentuk olahraga fisik yang bertujuan menyehatkan tubuh, menguatkan mental, memperluas kehidupan social, serta membuat prestasi.

2. Agus salim


Definisi permainan sepak bola adalah olahraga bermain bola menggunakan kaki yang bertujuan untuk mencetak skor sebanyak – banyaknya ke gawang lawan.

3. Muhajir


Sepak bola adalah suatu permainan bola yang dilakukan dengan jalan menyepak dan bertujuan untuk menendang bola kegawang lawan dan mempertahankan gawang sendiri.

4. Hasan alwi


Permainan sepak bola adalah olahraga yang terdiri dari dua kelompok berlawanan dengan masing – masing tim terdiri atas 11 pemain dan bertujuan untuk mencetak gol ke gawang musuh

Jadi, dari beberapa pengertian sepak bola menurut para ahli di atas, dapat kami simpulkan bahwa:

Sepak bola adalah permainan yang terdiri dari 2 tim, masing – masing tim memiliki 18 pemain dengan 11 pemain inti serta 7 cadangan dan bertujuan untuk mempertahankan gawang sendiri serta mencetak skor atau gol ke gawang lawan sebanyak – banyaknya. Alat yang dimainkan dalam permainan ini dinamakan bola yang terbuat dari kulit, karet, dan sejenisnya.

Manfaat Permainan Sepak Bola


Adapun manfaat bermain sepak bola dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut.

1. Menambah kesehatan fisik


Dalam permainan sepak bola, anda dituntut berjalan dan berlari untuk mengejar dan menggiring bola agar bisa mempertahankan dan mencetak gol kegawang lawan. Kegiatan ini dapat meningkatkan stamina anda.

2. Membuat anda menjadi lebih cerdas


Dalam permainan sepak bola, anda tidak hanya menggerakkan fisik saja, tetapi juga menggunakan otak agar dapat memenangkan pertandingan sesuai dengan strategi yang sudah direncanakan. Dan juga dalam permainan sepak bola anda harus berpikir cepat kapan harus mengumpan dan kapan harus menendang.

3. Meningkatkan kerja sama dan sosialisasi antar tim


Komunikasi sangat diperlukan antar pemain dalam permainan sepak bola. Karena dengan komunikasi, kerja sama akan terbentuk di dalam tim.

4. Memperkuat mental


Dalam mengikuti sebuah kompetisi, ada kalanya anda menang dan juga kalah. Saat anda kalah, jangan berkecil hati, itu justru menjadi suatu pembelajaran untuk anda agar menjadi lebih baik dari sebelumnya.

5. Menjadi orang yang disiplin


Jika anda ingin menjadi pemain sepak bola, anda harus berusaha dengan cara berlatih secara rutin. permainan sepak bola akan membuat anda menjadi lebih disiplin dalam berlatih.

6. Meningkatkan rasa bersyukur kepada tuhan


Memenangkan sebuah pertandingan dalam bermain sepak bola akan membuat anda lebih merasa bersyukur atas kemenangan itu.

Tujuan Permainan Sepak Bola


Tujuan permainan sepak bola adalah pemain memasukan bola sebanyak-banyaknya ke gawang lawan dan berusaha menjaga gawang sendiri, agar tidak kebobolan/kemasukan bola dari lawan sehingga memenangkan pertandingan.

Berikut ini beberapa tujuan para pemain sepak bola dalam bermain:
  • Menciptakan gol ke gawang lawan.
  • Mencegah atau menghalau bola agar tidak masuk ke gawang sendiri.
  • Menjaga sportivitas antar pemain dan menciptakan permainan yang adil.
  • Membangun kerjasama tim agar permainan solid.
  • Meningkatkan kebugaran dan kesehatan pemain.
  • Meraih prestasi.

Teknik Dasar Sepak Bola


Sebelum bermain sepak bola, anda harus mengetahui apa saja teknik dasar sepak bola dan penjelasannya. Anda tidak perlu mempelajari freestyle bola seperti juggling, balancing, dan lain – lain karena itu tidak terlalu penting. Yang harus anda ketahui dan pelajari adalah macam-macam gerak dasar dalam permainan sepak bola.

1. Menggiring bola / Dribbling

Menggiring Bola / Dribbling
Menggiring bola atau yang biasa disebut dengan dribbling adalah teknik menguasai bola dengan cara mendorong bola secara pelan sambil berlari ataupun berjalan. Teknik ini sangat diperlukan dalam permainan sepak bola, karena jika dribbling anda bagus, akan mempermudah untuk menerobos pertahanan lawan.

Teknik dribbling bisa dilakukan dengan kaki bagian luar, bagian dalam, dan bagian punggung. Ada dua teknik dalam dribbling.
  • Speed dribbling, teknik dribbling ini dilakukan pada saat posisi anda jauh dari lawan atau di depan lawan. Teknik ini dilakukan dengan cara menendang bola sekitar 3 – 5 meter, lalu berlari sekencang – kencangnya mengejar bola tersebut agar lawan sulit mengejar anda.
  • Closed dribbling, teknik dribbling ini biasanya dilakukan saat posisi anda tidak aman atau dalam keadaan 1 lawan 1. Cara melakukannya adalah menendang bola secara pelan dengan jarak kurang dari 1 meter agar bisa mengontrol bola dengan baik supaya tidak direbut oleh lawan.

2. Menendang bola / shooting

Menendang Bola / Shooting
Rata – rata orang pasti tahu bagaimana cara menendang bola. Tapi tidak semuanya tahu tekniknya. Berikut adalah teknik dasar menendang bola.
  • Menendang bola dengan kaki bagian luar, teknik ini biasanya digunakan saat freekick atau bola mati.
  • Menendang bola dengan kaki bagian dalam, teknik ini biasanya digunakan saat jarak anda dekat dengan gawang dan pada saat bola sedang bergulir.
  • Menendang bola dengan punggung kaki, teknik ini biasanya digunakan saat bola sedang melambung, bola mati, dan bola hidup atau bola sedang bergulir.

3. Mengumpan bola / passing

Mengumpan Bola / Passing
Mengumpan bola atau passing adalah teknik dasar dalam permainan sepak bola yang menurut kami adalah teknik yang harus wajib dikuasai dan yang paling penting. Kenapa kami bilang begitu? Karena jika anda tidak begitu hebat dalam menggiring bola, bisa tertutupi oleh umpan anda yang bagus. Dan jika tendangan anda untuk mencetak gol kurang bisa diandalkan, maka bisa tertutupi dengan memberikan umpan yang indah kepada teman. ada 3 teknik dalam mengumpan bola.
  • Mengumpan bola dengan kaki bagian luar, teknik ini digunakan untuk mengumpan jarak pendek.
  • Mengumpan bola dengan kaki bagian dalam, teknik ini juga digunakan untuk mengumpan jarak pendek.
  • Mengumpan bola dengan punggung kaki, teknik ini digunakan untuk mengumpan jarak jauh.

4. Menghentikan bola / stopping

Menghentikan Bola / Stopping
Menghentikan bola atau Stopping pada umumnya adalah teknik dalam permainan sepak bola yang tidak terlalu sulit dipelajari. Banyak orang yang bisa dengan mudah menghentikan pergerakan bola, tapi banyak juga yang sulit dalam mengentikan bola. Contohnya bola yang ditendang dengan keras akan sulit untuk dihentikan. Berikut adalah teknik mengentikan pergerakan bola menurut situasi dan kondisi.
  • Menghentikan bola dengan telapak kaki, ini adalah teknik yang paling mudah dalam menghentikan bola. Biasanya orang bisa dengan mudah melakukannya tanpa latihan khusus. Teknik ini digunakan untuk menghentikan bola saat bergulir di tanah.
  • Mengentikan bola dengan punggung kaki, teknik ini biasa digunakan untuk mengentikan bola yang berada di udara.
  • Menghentikan bola dengan kaki bagian dalam dan luar, teknik ini digunakan untuk mengentikan bola yang berada di udara tapi tidak terlalu tinggi dan saat bola bergulir di tanah.
  • Mengentikan bola dengan dada, teknik ini digunakan saat bola melambung tinggi di udara. Memang agak sulit mengontrolnya, tapi jika latihan secara rutin pasti nantinya akan lebih mudah dilakukan.
  • Menghentikan bola dengan perut, teknik ini sebetulnya jarang digunakan, karena biasanya teknik ini dilakukan jika bola kebetulan mengarah keperut anda secara cepat sehingga harus dihentikan menggunakan perut. Tapi harus dilakukan dengan benar agar tidak terjadi cidera dan bola bisa jatuh di kaki dengan baik.
  • Menghentikan bola dengan paha, teknik ini digunakan saat bola melambung di udara.

5. Menyundul bola / heading

Menyundul Bola / Heading
Banyak orang pada saat menyundul bola menggunakan ubun – ubunnya. Perlu anda ketahui bahwa, menyundul bola menggunakan ubun – ubun tidak begitu efektif. Kenapa kami bilang tidak efektif? Karena akan sangat sulit melihat arah datangnya bola, sehingga susah dalam mengontrolnya.

Namun bagaimana cara yang efektif untuk menyundul bola? Caranya adalah dengan menggunakan dahi anda. Dengan menggunakan dahi, anda bisa melihat arah datangnya bola dan akan lebih mudah dalam mengontrolnya.

6. Menyapu bola / sliding tackle

Menyapu Bola / Sliding Tackle
Menyapu bola / Sliding tackle adalah teknik dalam permainan sepak bola yang dilakukan dengan meluncurkan tubuh kerumput demi merebut bola dari lawan. Tentunya teknik sliding tackle ini sangat berbahaya dan memiliki resiko yang tinggi.

Sebab jika timing anda pada saat melakukan sliding tackle tidak tepat walaupun sedikit saja, maka bisa menyebabkan cidera pada lawan dan anda bisa mendapatkan kartu kuning bahkan kartu merah. Ada peraturan yang tidak boleh dilakukan dalam sliding tackle, yaitu tidak boleh melakukan sliding tackle dari belakang, mengangkat kaki ke atas, dan menggunakan teknik menggunting.

7. Merebut bola / intercepting

Merebut Bola / Intercepting
Merebut bola atau intercepting adalah cara untuk menguasai bola dari kaki lawan. Perlu anda tahu, kelincahan dan kecepatan sangat dibutuhkan dalam merebut bola, kenapa? Jika anda kalah lincah dan cepat dari lawan, lawan bisa dengan mudah melewati anda.

8. Menangkap bola / goal keeping

Menangkap Bola / Goal Keeping
Sebenarnya, teknik dasar dalam permainan sepak bola ini tidak begitu perlu jika posisi anda bukan penjaga gawang / kiper. Teknik menangkap bola ini hanya wajib dipelajari oleh penjaga gawang saja.

Kesimpulan teknik dasar sepak bola, dari penjelasan diatas kita mengetahui bahwa sepakbola mempunyai 8 macam-macam teknik dasar permainan sepak bola yang wajib kalian pelajari untuk menjadi pemain profesional.

Baca selengkapnya: Teknik Dasar Bermain Sepak Bola dan Gambarnya


Sejarah Sepak Bola Singkat


Berikut ini adalah sejarah sepak bola di dunia yang masuk ke beberapa negara yang ada di dunia.

1. Cina


Sebenarnya, dunia masih memperbincangkan masalah dari mana asal muasal atau sejarah sepak bola pertama kali di dunia. Ada yang bilang permainan sepak bola berasal dari daratan cina, ada yang bilang dari romawi, dan ada juga yang bilang inggris lah yang pertama kali memainkan permainan sepak bola.

Sampai pada akhirnya, FIFA atau Federasi Sepak Bola Internasional meresmikan bahwa permainan sepak bola berasal dari daratan cina, tepatnya pada masa dinasti tsin sekitar abad ke – 3 SM.

Dan sudah dipastikan bahwa romawi dan inggris hanya sebagai pengembang atau penyempurna permainan sepak bola yang berasal dari daratan cina.

Bukti bahwa permainan sepak bola berasal dari daratan cina adalah adanya dokumen – dokumen militer yang menjelaskan bahwa pada masa dinasti tsin, sekitar tahun 255 – 206 SM, salah satu hal yang dilakukan tentara dalam melatih fisik mereka adalah dengan cara bermain sepak bola atau pada saat itu disebut dengan tsu chu.

Kemudian di zaman dinasti han yaitu sekitar tahun 206 SM – 220 M, tsu chu telah dikenal di lapisan masyarakat dan mulai dimainkan dari anak – anak hingga orang dewasa.

2. Jepang


Kemari, adalah nama permainan sepak bola yang ada di jepang sekitar tahun 300 M. Pedagang dan pelajar dari jepang yang ada di daratan cina membawa permainan tsu chu ke jepang dan mengembangkannya. Konon katanya sekitar tahun 50 M, para pemain tsu chu dari daratan cina pernah bertanding melawan para pemain kemari dari jepang, tapi berita ini belum pasti kebenarannya.

3. Romawi


Hanya sedikit yang diketahui tentang permainan sepak bola di romawi. Namun menurut sejarah, permainan sepak bola di romawi atau pada saat itu disebut dengan permainan harpastum, telah dimainkan sekitar tahun 146 SM.

4. Inggris


Sekitar tahun 100 – 500 M. bangsa romawi membawa permainan harpastum ke Eropa. Kemudian sekitar tahun 1100 M, permainan sepak bola mulai dimainkan di inggris. Raja Edward II yang saat itu adalah raja inggris pada tahun 1314 M melarang permainan sepak bola.

Raja Edward II melarang permainan sepak bola bukan tanpa alasan. Alasan raja Edward II melarang permainan sepak bola adalah karena pada saat itu, permainan sepak bola di inggris dilakukan dengan sangat kasar dan tanpa aturan, sehingga sering adanya kasus kematian saat permainan berlangsung.

Kemudian pada tahun 1369, raja Edward III membatalkan larangan bermain sepak bola, hingga menerapkan permainan sepak bola ke beberapa sekolah di inggris. Namun pada tahun 1572 M, ratu Elizabeth I melarang keras permainan sepak bola tanpa alasan yang jelas.

Hingga pada akhirnya, pada tahun 1680, raja Charles II mencabut larangan bermain sepak bola. Seiring berjalannya waktu, permainan sepak bola memiliki peraturan – peraturan yang adil sehingga masyarakat lebih nyaman dalam memainkannya sampai sekarang ini.

Lalu, bagaimana sejarah sepak bola Indonesia? Bacalah artikel kami di bawah ini untuk mengetahui selengkapnya.

Baca selengkapnya: Sejarah Singkat Sepak Bola Indonesia, Dunia dan Sepakbola Modern


Peraturan Permainan Sepak Bola


Sebutkan peraturan-peraturan dalam permainan sepak bola? Dalam bermain sepak bola kita tidak boleh asal-asalan dalam pertandingan resminya. Untuk itu kita harus pelajari apa saja peraturan yang ada dalam permainan sepak bola ini.

1. Ukuran Lapangan Sepak Bola dan Gambarnya

Lapangan Sepak Bola

Ukuran lapangan sepak bola dalam pertandingan biasa.
  • Panjang lapangan sepak bola adalah dari 90 m – 120 m.
  • Lebar lapangan sepak bola adalah dari 45 m – 90 m.

Sedangkan lapangan sepak bola dalam pertandingan internasional.
  • Panjang lapangan sepak bola adalah 100 m – 110 m.
  • Lebar lapangan sepak bola adalah 64 m – 75 m.

2. Ukuran Bola 


Bentuk bola harus bulat, pembuatan bola memakai material dan bahan – bahan yang berkualitas dan sinkron, Panjang lingkar bola di antara 70 cm dan 68 cm, berat bola diawal pertandingan di antara 450 gram dan 410 gram, apabila bola rusak pada saat pertandingan sedang berlangsung, permaianan harus diberhentikan sejenak dan diulang dengan meletakkan bola baru ditempat bola rusak.
Bola

3. Pemain sepak bola


a. Jumlah pemain


Permainan sepak bola dimainkan oleh 2 tim yang berlawanan, masing – masing tim memiliki 11 orang pemain.

b. Kekurangan pemain


Apabila dalam sebuah pertandingan sepak bola hanya ada 7 pemain dalam lapangan karena cidera atau kartu merah, maka tim dengan 6 pemain tersebut akan dinyatakan kalah.

c. Pergantian pemain


Batas pergantian pemain dalam pertandingan resmi FIFA hanya bisa 3 kali. Tetapi di pertandingan nasional, dapat melakukan 7 kali pergantian. Sedangkan di pertandingan sahabat bisa lebih dari itu.

d. Pemimpin tim atau kapten


Dalam sebuah tim, kapten memang sangat dibutuhkan. Saat salah satu anggota tim nya mengalami konflik dengan wasit atau lawan, kapten timlah yang bertanggung jawab untuk memecahkan masalah.

4. Aksesoris pemain


a. Aksesoris yang diperbolehkan

  • Jersey
  • Kaos kaki
  • Sarung tangan
  • Headgear

b. Aksesoris yang dilarang

  • Anting
  • Gelang 
  • Kalung

5. Tugas – tugas wasit

  • Mengontrol jalannya pertandingan yang dibantu oleh asisten wasit
  • Menentukan bahwa bola yang digunakan telah sinkron dengan yang tercantum di aturan nomor.
  • Menentukan bahwa semua pemain di kedua tim telah sinkron dengan aturan nomor 3 dan 4.
  • Mengelola waktu serta menjadi pencatat seluruh proses pertandingan.
  • Menunda, menghentikan, atau mengakhiri sebuah pertandingan jika ada pemain yang melanggar aturan, cidera, ataupun adanya gangguan dari pihak luar.

6. Asisten wasit / linesman


Asisten wasit atau linesman adalah orang yang bertugas untuk membawa bendera yang digunakan untuk menandakan offside, out, dan tendangan sudut.

7. Durasi permainan sepak bola


Dalam sebuah pertandingan resmi, permainan sepak bola terdiri dari 2 babak yang masing – masing bapak terdiri dari 45 menit. Pertandingan akan mendapat tambahan waktu dengan cara mengambil waktu yang terbuang seperti cidera atau pergantian pemain saat pertandingan berlangsung.

8. Tendangan pembuka / kick off


Kick off terjadi apabila:
  • Ketika pertandigan dimulai
  • Ketika terjadi gol
  • Ketika pergantian babak.

9. Bola keluar / out ball


Bola dikatakan out tidak hanya ketika bola melewati garis lapangan, tapi bola juga diangap out ketika ada salah satu pemain yang cidera, sehingga permainan dihentikan wasit sejenak.

10. Peraturan gol


Dalam permainan sepak bola, gol dianggap sah ketika bola masuk ke dalam gawang tanpa terjadi situasi hands ball, offside, atau pelanggaran lainnya.

11. Posisi offside


Terjadinya sebuah offside apabila anda sedang mengejar bola di daerah lawan, tetapi pada saat anda menyentuh bola, posisi anda berada di belakang pemain lawan kecuali kiper.

12. Pelanggaran dan hukumannya


Terjadinya suatu pelanggaran pada saat pertandingan berlangsung terjadi karena hands ball, tackle yang keras, dan lain – lain. Jika melakukan suatu pelanggaran keras, wasit akan memberikan dua jenis kartu. Jika wasit memberikan kartu kuning, artinya pemain itu sudah diberi peringatan keras oleh wasit agar tidak melakukan pelanggaran lagi. Sedangkan jika pemain mendapat kartu merah, itu artinya pemain telah melakukan kesalahan fatal dan akan dikeluarkan dari pertandingan yang sedang berlangsung.

13. Tendangan bebas / free kick


Free kick atau tendangan bebas akan terjadi apabila seorang pemain melakukan pelanggaran.

14. Tendangan penalty


Tendangan penalty akan terjadi apabila seorang pemain melakukan pelanggaran di kotak pinalti daerahnya sendiri.

15. Lemparan kedalam / throw in


Lemparan ke dalam atau throw in bisa dilakukan pada saat bola menggelinding ke luar garis lapangan.

16. Tendangan gawang / goal kick


Tendangan gawang atau goal kick adalah tendangan yang dilakukan apabila anda menendang melewati garis gawang lawan, kemudian tendangan gawang akan dilakukan oleh kiper lawan.

17. Tendangan sudut / corner kick


Tendangan sudut atau corner kick terjadi jika anda menendang  bola keluar garis gawang anda sendiri.


Demikianlah artikel hari ini tentang materi permainan sepak bola: pengertian, sejarah, teknik, peraturan, ukuran lapangan sepakbola dan tujuan beserta manfaatnya. Semoga bermanfaat apa yang kami bagikan dapat bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

Referensi: dikatama
materipenjasorkes
sayanda
olahraga.smansax1-edu

0 komentar

 
close